Minggu, 16 Juni 2013

TRIP TRIP TRIP TO YOGYA

Sudah banyak ternyata pendingan tulisan yang ingin saya share ke blog saya… Bukan tidak punya tujuan blog ini dibuat…awalnya blog ini diperuntukkan untuk posting hal-hal yang berbau ilmiah atau share ilmu science yang sedang saya pelajari di S2 ini. Tapi sekarang blog ini jadi blog campur aduk gado gado gak jelas gini. Tapi yang terpenting bagi seorang blogger awam dan pemula seperti saya, menjaga semangat menulis apapun itu yang terpenting.

Diawali dari perjalanan saya menuju Kota Yogyakarta yang sangat kental dengan budaya dan wisatanya itu, akan saya ceritakan pengalaman saya di kota Yogya.  Saya orang yang termasuk kategori manusia spontan, yang suka melakukan hal-hal spontan yang tidak terfikirkan dan terencana sebelumnya, begitu juga dengan perjalanan kali ini, bersama dengan teman saya kami melakukan perjalanan ke Yogya dengan menggunakan bis malam, karena ternyata kereta yang ingin kami pesan sudah penuh. Saya berangkat ke Yogya setelah pulang dari menjadi relawan mengajar di salah satu kegiatan sosial pada saat libur longweekend. Akhirnya kami naik bis malam “Kramat Jati” Jakarta-Yogyakarta.  Bis berangkat dari terminal Pinang Ranti, Jakarta Timur dan berhenti di terminal Jombor Yogyakarta, dengan harga tiket cukup murah untuk ukuran seorang backpacker  yaitu Rp. 115.000, sudah termasuk tiket gratis makan malam 1 kali. Kami berangkat pukul  17.00 dari Jakarta dan sampai di Yogyakarta pukul 06.00 pagi. Kemudian sesampainya di Yogya saya menuju ke tempat teman saya yang kos di daerah jalan Magelang jadilah saya bermalam di kosannya. Nah teman saya yang satunya itu cowok jadi kita terpisah untuk bermalam, dan dia memilih hotel bintang 5 di jalan Magelang juga.  Wow,,, juga ternyata nih temen gue punya budget selangit buat nginep.  Untuk perjalanan pertama ini dengan si teman yang satu ini saya tidak begitu lama di Yogya hanya 2 malam saja, dan kita ke tempat yang biasa dikunjungi seperti Malioboro, kemudian Pantai Depok dengan makanan Seafoodnya dan kita dapat sunset yang bagus di sana. Pulang ke Jakarta saya menggunakan bis lagi dengan harga tiket lebih mahal yaitu Rp. 130.000. Kalau dihitung-hitung perjalanan pertama ini cukup murah..

Kemudian beberapa bulan ke depan saya ke Yogya lagi dengan teman yang berbeda, entah ada magnet apa yang buat Yogya jadi tempat tujuan wisata saya. Karena belum puas atau belum merasa menjelajahi kota itu akhirnya saya pergi dengan naik kereta api, kepergian kali ini agak direncanakan karena kita sudah memesan tiket kereta api pulang-pergi 3 hari sebelum keberangkatan. Saya memesan tiket kereta api ke Yogya Via Online, cukup mudah caranya dan akses untuk mendapatkannya. Pilih stasiun keberangkatan kita, dan kami memilih stasiun Senen Jakarta untuk berangkat, karena kereta-kereta ekonomi banyak yang berangkat dari stasiun Senen. Kemudian sebagai stasiun tujuan yaitu stasiun Tugu Yogyakarta. Harga tiket keberangkatan dengan menggunakan kereta Api Gajah Wong sebesar Rp. 170.000 dan untuk kepulangannya kami menggunakan kereta Senja Utama Yogyakarta dengan harga tiket Rp. 185.000. Bisa dijumlahkan untuk angkutan ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta relative murah dan nyaman. Setelah sampai di Yogya kali ini kami tidak bermalam di rumah kosan teman tapi kami mencari hotel dipinggiran Malioboro.  Teman-teman kami yang di Yogya pun kami beritahu keberadaan kami untuk jadi Tour Guide, liburan kali ini lebih banyak tempat tujuan wisata yang kami kunjungi di sana. Akhirnya kami bermalam di Hotel dengan rate fantastic, berapa jika anda tau? Rp. 70.000/malam. Kalau tarifnya di bagi dua bayarnya jadi hanya Rp. 35.000 saja permalam… hem hem hem.. cukup nyaman juga. Kamar dengan dua tempat tidur, kipas angin meja, dan kamar mandi diluar, tetapi kamar mandinya bersih dan nyamanlah. Satu keuntungan selain harga yang murah, salah satunya lagi adalah letaknya yang sangat strategis di pusat kota Yogyakarta yaitu di Malioboro dan dekat stasiun Tugu Yogya. Jadi jika ingin berkeliling dan jalan-jalan di Malioboro tidak perlu menggunakan tambahan kendaraan lagi cukup jalan kaki, menuju benteng Ven De Burgh juga dekat, menuju Keraton juga dekat. Kami di Yogya liburan kali ini selain Malioboro kami mengunjungi beberapa tempat yaitu 2 jenis keraton Yogya, Taman Sari, Museum Kereta, ke Gembira Loka Zoo, Alun-alun Selatan Yogya, bahkan mencoba berjalan di dua pohon besar yang punya mitos dapat mengabulkan keinginan, kemudian kami ke pantai Depok, ke Taman Pintar, ke Monumen Yogya Kembali atau jika malam disebut dengan taman Pelangi yang penuh dengan lampion, ke Restoran Raminten untuk kuliner, dan makan di warung SS untuk mencoba berbagai macam jenis sambal, kemudian kami juga mencoba karaoke di Happy Puppy… Untuk liburan ini tergolong lengkap dan bermacam-macam ke tempat yang ingin kami kunjungi. Terima Kasih kepada teman-teman kami yang di Yogya untuk jadi guide dan mengantarkan kami dengan kendaraanya ke tempat-tempat wisata itu, bahkan kami di gratiskan masuk ke kebun binatang gembira loka. Say thank you, untuk Bobby (zoologist Gembira Loka Zoo), teman kami yang sedang kuliah di UGM S3, Mb Devita dan Mas Mahfud, maturnuwun sanget, dan kepada teman baru saya yang kenal di dunia maya dan ternyata satu Universitas dengan saya, yang ternyata di agak gila, si tata tante primata hehehe (jangan marah ya, saat lu baca ini tulisan ternyata lu gue bilang “agak gila”)
See you the next trip…. Nantikan kisah selanjutnya di tempat yang berbeda